Review Kuliner Jogja pada khususnya

Préférées

Sabtu, 22 Oktober 2011

Meremmelek di Soto Pithes

 Hari ini saya dan Finasti (a.k.a nyonya Irfan) memutuskan untuk melancong kekota :) (maklum anak udik, jarangjarang kekota). Setelah memecah celengan ayam kami, dimulailah kegiatan perpiknikan kami :D
Inilah gambar pertama yang ditangkap oleh kamera telungpuluhde saya :D (maap ye yang motret baru bangun)
 
Janjinya si mau berangkat jam8 (rencana tinggalah wacana hahaha), saya si uda bangun pagi2 tuu . . tp si Pikung baru sms pada pukul 08.23 "Ini baru bangun Ma.. Hahahahahahha.. Ini kemana?" Ini kemana itu apa????? ea ea ea 
Perut saya sudah mulai keroncongan waktu elmo mendarat di rumah Pikung, dan mulai nyanyi underground-an waktu kami meluncur ke Pasar Beringharjo. Dari sanalah kami memutuskan untuk melepas rasa LAPARRRR kamiii :)


Berpose bersama (pantat) Elmo.

Our first stop is Soto Pithes. Soto merupakan pilihan sarapan yang cukup digandrungi di Jogjakarta. Soto ini berada di pintu timur pasar Beringharjo, di daerah lapak makanan. Begitu masuk di lantai 1, kita berbelok kanan sedikit, lalu berbelok kekiri . . ikutin lorong aja sampe ketemu si simbah di sebelah kanan jalan. Kalo ga teliti agak susah sih nemuinnya, soalnya ga ada papan nama ato baliho (eh ko baliho?). 

simbah yang jualan soto pithes :)

 Satu porsi soto pithes ini dibandrol Rp5000,00. Yang istimewa dari soto ini adalah cabenya yang dipithes, bukan diulek jadi sambel gitu . Karena saya kurang suka pedes, jadilah cabenya satu aja, itu aja saya udah meremmelek kepedesan ehehehee. Kuah kaldunya udah enak banget, jadi sayang kalo kita tambahin kecap, nanti rasanya jadi rusak. Isi dari sotonya ada nasi, potongan daging sapi, tauge rebus, seledri dan of course 'cabe pithes'nya jangan ketinggalan :) Kuah kaldunya dimasak pake anglo (tungku) jadi rasanya lebih 'jawa' :D


Seporsi soto pithes dengan satu cabe yang dipithes.

tungku anglo
(left) minuman khas Jogja :) Limun Sarsaparila. (right) es sirop without kolangkaling

Untuk minumannya, saya memesan es sirop (tanpa kilongkang, ya, saya menyebut kolangkaling sebagai kilongkang :D aneh ya?). Ada juga Sarsaparila dengan botol kuno-nya. Kalo botol yang baru lebih aerodinamis, bentuknya kaya botol labu Jin dan Jun gitu. Kalo yang ini masi tradisional, coba check tutup botolnya :D lucu yaaaa..Toples - toples kerupuknya juga ga kalah kuno :D 

amunisi pelengkap soto pithes

Oke, diperhentian sarapan pertama kami (pertama?? yes, we are going to have 2nd breakfast), kami cukup merogoh kocek Rp 15.000,00 untuk 2 porsi soto, es sirop, es jeruk, dan 2 buah kerupuk. Sampai ketemu ke posting saya selanjutnya! Ciao! :*

1 komentar:

  1. Ini baru kebaca dan baru keliatan kayak abis bangun tidur wajahnyaaa aakkkkk >.<

    BalasHapus